Oleh: nandaanisa | Februari 24, 2012

Sistem Operasi untuk komputer,pc tablet,dan handphone

Seperti komputer pada umumnya, komputer tablet juga memerlukan perangkat lunak yang disebut dengan sistem operasi (operating system) untuk mengatur kerja perangkat kerasnya.Ada beberapa sistem operasi yang sering disertakan dalam komputer tablet diantaranya :

Android.


Android merupakan sistem operasi yang bersifat terbuka (open source) yang pertama kali dikembangkan oleh sebuah perusahaan bernama Android Inc., yang selanjutnya pada tahun 2005 perusahaan ini di beli oleh Google. Untuk komputer tablet google mengeluarkan sistem operasi Android 3.0 (Honeycomb), sementara Android 2.3 (Gingerbread) untuk ponsel cerdas.
Sistim operasi Android

iOS Apple.


Sistem operasi ini dikeluarkan oleh Apple yang pada awalnya digunakan untuk iPhone namun selanjutnya dikembangkan untuk komputer tablet produksi Apple yang dikenal dengan nama iPad.
Sistim operasi iOS Apple

Windows 7.


Siapa yang tidak kenal dengan sistem operasi Windows milik Microsoft, Windows 7 merupakan salah satu sistem operasi keluaran Microsoft yang bisa digunakan untuk komputer tablet.
Sistim operasi Windows 7

QNX Software System.


Pada tahun 2010 perusahaan ini dibeli oleh RIM, selanjutnya sistem operasi ini digunakan pada komputer tablet BlackBarry PlayBook.
Sistim operai QNX / Black Berry PlayBook OS
Black Berry Tablet OS

Palm webOS.


Sistem operasi webOS digunakan pada komputer tablet keluaran HP (Hewlett-Packard) yaitu HP TouchPad. Sistem operasi ini berbasiskan linux yang dikembangkan oleh Palm. Pada tanggal 18 Agustus 2011, HP menghentikan penggunaan sistem operasi ini.
Sistim Operasi Palm webOS

PC TABLET ( New Media)

Tablet PC
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tablet PC adalah laptop – atau komputer portable berbentuk buku. Memiliki layar sentuh atau teknologi tablet digital yang memungkinkan pengguna komputer mempergunakan stylus atau pulpen digital selain keyboard ataupun mouse komputer.
Istilah ini dipopulerkan oleh Microsoft pada tahun 2001, tetapi PC tablet sekarang mengacu pada setiap komputer pribadi yang berukuran tablet, pun jika tidak menggunakan Windows melainkan sistem operasi PC yang lain. Tablet dapat menggunakan papan ketik virtual dan pengenalan tulisan tangan untuk input teks melalui layar sentuh.
Piranti lunak sistem Microsoft Windows
Setelah mengembangkan Windows for Pen Computing, Microsoft mengembangkan dukungan untuk tablet yang dapat menjalankan Windows dengan nama Tablet PC Microsoft. Menurut definisi Microsoft 2001, “Microsoft Tablet PC” berbasis pena dan merupakan PC x86 yang memiliki fungsi tulisan tangan dan pengenalan suara. Tablet PC menggunakan piranti keras yang sama seperti laptop biasa tetapi menambahkan dukungan untuk input pena. Untuk dukungan khusus bagi input pena, Microsoft merilis Windows XP Tablet PC Edition. Saat ini tidak ada versi khusus Windows Tablet namun dukungan dibangun untuk kedua versi Home dan Business Windows Vista dan Windows 7. Tablet yang menjalankan Windows mendapatkan fungsi tambahan menggunakan layar sentuh untuk masukan mouse, pengenalan tulisan tangan, dan dukungan gesture. Setelah Tablet PC, Microsoft mengumumkan inisiatif UMPC pada tahun 2006 yang membawa tablet Windows ke faktor dengan bentuk yang lebih kecil dan berpusat pada sentuhan. Ini diluncurkan kembali pada tahun 2010 sebagai Slate PC, untuk mempromosikan tablet yang menjalankan Windows 7, menjelang peluncuran iPad Apple. Slate PC diharapkan dapat memperoleh manfaat dari kemajuan perangkat mobile yang berasal dari keberhasilan netbook.
Sementara banyak produsen tablet pindah ke arsitektur ARM dengan sistem operasi ringan, Microsoft tetap pada Windows. Meskipun Microsoft memiliki Windows CE untuk dukungan ARM ia telah menjaga target pasarnya untuk industri smartphone dengan Windows Mobile dan Windows baru berbasis Windows CE 6, Windows Phone 7. Beberapa produsen, bagaimanapun, tetap menunjukkan prototipe tablet berbasis Windows CE yang menjalankan kerangka biasa.
Dengan suksesi Windows Vista, fungsi Tablet PC tidak memerlukan lagi edisi yang terpisah. Dukungan Tablet PC dibangun ke semua edisi Windows Vista dengan pengecualian Home Basic dan edisi Starter. Hal ini memperluas pengenalan tulisan tangan, koleksi tinta, dan metode input tambahan untuk setiap komputer yang menjalankan Vista bahkan jika perangkat input adalah digitizer eksternal, layar sentuh, atau bahkan mouse biasa. Vista juga mendukung fungsi multi-sentuh dan gerak tubuh (awalnya dikembangkan untuk versi Microsoft Surface untuk Vista) dan sekarang digunakan oleh publik dengan merilis tablet multi-sentuh. Windows Vista juga secara signifikan meningkatkan fungsi pengenalan tulisan tangan dengan pengenalan personalisasi alat pengenalan tulisan tangan selayaknya alat belajar tulisan tangan otomatis.
Fungsionalitas tablet tersedia di semua edisi Windows 7 kecuali edisi Starter. Ini memperkenalkan Matematika baru Input Panel yang mengenali ekspresi dan formula matematika tulisan tangan, serta terintegrasi dengan program lain. Windows 7 juga secara signifikan meningkatkan input pena dan handwriting recognition dengan menjadi lebih cepat, lebih akurat, dan mendukung lebih banyak bahasa, termasuk sistem penulisan Asia Timur. Kamus kustom yang dipersonalisasi membantu melalui kosakata khusus (seperti istilah medis dan teknis), dan prediksi teks mempercepat proses input untuk membuat kegiatan mencatat lebih cepat. Teknologi multi-sentuh juga tersedia pada beberapa PC tablet, memungkinkan interaksi yang lebih maju dengan menggunakan isyarat sentuhan dengan jari-jari Anda seperti menggunakan mouse. Masalah mungkin timbul dengan fungsi tablet dari OS.
Windows 7 yang memiliki kemampuan sentuhan dibangun dengan teknologi Microsoft Surface. Ini adalah sentuhan-sentris gerakan dan UI peningkatan yang bekerja dengan sebagian besar komputer sentuhan saat ini. Di antara tablet PC pertama kali diluncurkan pada tahun 2010 berdasarkan pada sistem operasi Windows 7 adalah bModo12 dari bModo dan Samsung Galaxy.Windows memiliki sejarah teknologi tablet termasuk Windows XP Tablet PC Edition. Tablet PC Edition merupakan superset dari Windows XP Professional, fungsionalitas tablet perbedaan ini, termasuk input teks alternatif (Tablet PC Input Panel) dan driver dasar untuk mendukung piranti keras tablet PC tertentu. Persyaratan untuk menginstal Tablet PC Edition termasuk digitizer tablet atau perangkat touchscreen, dan tombol kontrol piranti keras termasuk tombol pintas Ctrl-Alt-Delete, tombol bergulir, dan setidaknya satu tombol aplikasi pengguna-dikonfigurasi.
Linux
Salah satu implementasi awal dari tablet Linux adalah ProGear oleh FrontPath. ProGear menggunakan chip Transmeta dan digitizer resistif. ProGear awalnya datang dengan versi Slackware Linux, tetapi kemudian bisa dibeli dengan Windows 98. Karena komputer tujuannya adalah IBM PC yang kompatibel, Windows 98 dapat menjalankan banyak sistem operasi yang berbeda. Namun, perangkat ini tidak lagi Dijual FrontPath telah menghentikan operasi. Penting untuk dicatat bahwa layar sentuh banyak sub-notebook komputer dapat menjalankan beberapa distribusi Linux dengan sedikit kustomisasi. X.org sekarang mendukung rotasi layar dan input melalui driver Wacom tablet, dan perangkat lunak pengenalan tulisan tangan baik dari Qtopia berbasis Qt dan GTK +-berbasis Internet Tablet OS menyediakan sistem yang menjanjikan bebas dan sumber terbuka untuk pengembangan di masa mendatang. Open source mencatat software di Linux termasuk aplikasi seperti Xournal (yang mendukung penjelasan file PDF), Gournal (catatan mengambil aplikasi berbasis Gnome), dan Jarnal berbasis Java (yang mendukung pengenalan tulisan tangan sebagai fungsi bawaan). Sebelum kedatangan perangkat lunak tersebut, banyak pengguna harus bergantung pada papan ketik pada layar dan metode input teks alternatif seperti Dasher. Ada program pengenalan tulisan tangan berdiri sendiri yang tersedia, CellWriter, yang mengharuskan pengguna untuk menulis surat secara terpisah dalam kotak. Sejumlah proyek Linux OS berbasis berdedikasi untuk tablet PC. Karena semua ini adalah open source, mereka tersedia secara bebas dan dapat dijalankan atau porting ke perangkat yang sesuai dengan desain tablet PC. Maemo (berubah menjadi MeeGo di tahun 2010), sebuah Debian Linux lingkungan pengguna berbasis grafik, dikembangkan untuk perangkat Nokia Internet Tablet (770, N800, N810 & N900). Hal ini sedang dalam generasi 5 (5G), dan memiliki susunan yang luas dari aplikasi yang tersedia di kedua repositori resmi dan didukung pengguna. Netbook Ubuntu edisi Remix, serta proyek yang disponsori Intel Moblin, keduanya memiliki dukungan layar sentuh diintegrasikan ke antarmuka pengguna mereka. Canonical telah mengisyaratkan tablet mendukung lebih baik dengan UI terpadu untuk Ubuntu 10.10. TabletKiosk saat ini menawarkan digitizer hibrida/perangkat sentuh menjalankan openSUSE Linux. Ini adalah perangkat pertama dengan fitur ini untuk mendukung Linux.
Tren ukuran layar
Seperti komputer portabel lain, ukuran yang lebih besar membawa kegunaan menjadi lebih mudah namun portabilitas yang lebih rendah dan kebutuhan tenaga yang lebih tinggi. Untuk komputer tablet saat ini, (bukan tablet PC) ukuran umum adalah 10 “(Digunakan oleh iPad) atau 7″ (Digunakan oleh banyak tablet Android). Banyak pembuat tablet PC memiliki standar pada format layar lebar 12″, dengan resolusi 1280×800 piksel. T5010 Fujitsu memiliki display lebih besar, 13,3”, tapi masih berjalan pada resolusi 1280×800 pixel.
Sejarah tablet PC
Daftar berikut merupakan beberapa pokok penting sejarah tablet PC:
Sebelum tahun 1950
1888: US Paten diberikan kepada Elisa Gray pada perangkat stylus listrik untuk menangkap tulisan tangan.
1915: US Patent pada antarmuka pengguna pengenalan tulisan tangan dengan stylus.
1942: US Patent di layar sentuh untuk masukan tulisan tangan.
1945: Vannevar Bush mengusulkan Memek, data pengarsipan perangkat termasuk input tulisan tangan, dalam esai As We May Think
1950: Tom Dimond menunjukkan tablet Styalator elektronik dengan pena untuk input komputer dan perangkat lunak untuk pengenalan tulisan tangan teks secara real-time.
Awal tahun 1960-an
RAND Tablet ditemukan. RAND Tablet lebih dikenal daripada Styalator, namun diciptakan kemudian.
Akhir 1960-an
Alan Kay dari Xerox PARC mengusulkan sebuah komputer notebook, dapat menggunakan input pena, yang disebut Dynabook: namun perangkat ini tidak pernah dibangun atau diimplementasikan dengan input pena.
1966: Dalam serial televisi fiksi ilmiah Star Trek, awak kapal membawa, papan penjepit elektronik besar berbentuk baji, dioperasikan melalui penggunaan stylus.
1982: Pencept dari Waltham, Massachusetts memasarkan terminal komputer untuk tujuan yang umum (general-purpose) menggunakan tablet dan pengenalan tulisan tangan, bukan papan ketik dan mouse. Sistem Cadre memasarkan terminal point-of-sale Inforite yang menggunakan pengenalan tulisan tangan dan sebuah tablet dan pena elektronik kecil.
1985: Pencept dan CIC sama-sama menawarkan komputer PC untuk pasar konsumen menggunakan tablet dan pengenalan tulisan tangan, bukan keyboard dan mouse. Sistem operasi adalah MS-DOS.
1989: Komputer portabel komersial pertama yang tersedia dalam tipe tablet adalah GRiDPad dari GRID Systems dirilis pada bulan September. The GridPad diproduksi oleh Samsung, dimodifikasi dari PenMaster Samsung yang tidak pernah berhasil mencapai distribusi komersial. Sistem operasinya didasarkan pada MS-DOS. Wang Laboratories memperkenalkan Freestyle. Freestyle adalah sebuah aplikasi yang akan melakukan screen capture dari aplikasi MS-DOS, dan membiarkan pengguna menambahkan penjelasan suara dan tulisan tangan. Freestyle adalah pendahulu canggih yang kemudian dicatat sebagai aplikasi untuk sistem seperti PC Tablet. Sistem operasinya adalah MS-DOS Dalam kemitraan dengan Fujitsu, Poqet Computer Corporation mengumumkan kedatangan PC Poqet.
Tahun 1990-an
1991: Pentop momentum ini dirilis. GO Corporation mengumumkan sistem operasi khusus, yang disebut PenPoint OS, menampilkan kontrol dari desktop sistem operasi melalui isyarat bentuk tulisan tangan. NCR merilis komputer pena model 3125 yang menjalankan MS-DOS, OS atau Pen Penpoint Windows. Apple Newton memasuki perkembangannya, walaupun akhirnya menjadi sebuah PDA, konsep aslinya mirip piranti keras dari sebuah PC Tablet.
1992: GO Corporation mengirimkan OS PenPoint untuk ketersediaan yang umum dan IBM mengumumkan komputer pena IBM 2125 (model IBM pertama bernama “ThinkPad”) pada bulan April. Microsoft merilis Windows for Pen Computing sebagai respon untuk OS PenPoint oleh GO Corporation.
1993: Fujitsu merilis PC tablet Poqet pena pertama yang menggunakan LAN nirkabel terintegrasi. Apple Computer mengumumkan Newton PDA, juga dikenal sebagai MessagePad Apple, yang meliputi pengenalan tulisan tangan dengan stylus. IBM merilis ThinkPad, komputer portabel tablet komersial pertama dari IBM yang tersedia untuk pasar konsumen. AT & T memperkenalkan EO Personal Communicator menggabungkan PenPoint dengan komunikasi nirkabel. BellSouth merilis IBM Simon Personal Communicator, sebuah ponsel analog menggunakan tampilan dan layar sentuh. Ponsel ini tidak mendukung fitur pengenalan tulisan tangan, tapi pengguna dapat menulis pesan dan mengirimnya sebagai faks pada jaringan ponsel analog, termasuk fitur PDA dan Email.
1999: “QBE” pena komputer diciptakan oleh Aqcess Technologies memenangkan Best Show COMDEX.
Tahun 2000-an
2000: PaceBlade mengembangkan perangkat pertama yang memenuhi standar Microsoft Tablet PC dan menerima penghargaan piranti keras terbaik di VAR Visi 2000. Pena komputer “QBE Vivo” yang dibuat oleh Aqcess Technology mendapatkan Best of Show COMDEX.
2001: Bill Gates dari Microsoft menunjukkan prototipe publik pertama dari sebuah PC Tablet (didefinisikan oleh Microsoft sebagai pena-komputer memungkinkan sesuai dengan spesifikasi piranti keras yang dibuat oleh Microsoft dan menjalankan salinan lisensi dari sistem operasi “Windows XP Tablet PC Edition”) di COMDEX.
2003: PaceBlade menerima penghargaan “Innovation des Jahres 2002/2003” untuk PC Tablet PaceBook dari PC Magazine Professionell di Cebit Fingerworks mengembangkan teknologi sentuhan dan gerakan sentuhan yang kemudian digunakan di iPhone Apple.
2006: Samsung memperkenalkan Samsung Q1 UMPC. Windows Vista dirilis untuk ketersediaan umum. Vista termasuk fungsi Tablet PC edisi khusus dari Windows XP. Di Disney Channel Original Movie, Read It and Weep, Jamie menggunakan Tablet PC untuk jurnalnya.
2007: Axiotron memperkenalkan Modbook, komputer (dan hanya) tablet pertama berdasarkan piranti keras Mac dan Mac OS X di Macworld.
2008: Pada bulan April 2008, sebagai bagian dari kasus pengadilan federal yang lebih besar, fitur gerak tubuh sistem operasi dan piranti keras Windows/Tablet PC ditemukan melanggar paten oleh GO Corp tentang user interface untuk sistem operasi komputer pena. Akuisisi teknologi Microsoft adalah subyek dari tuntutan hukum yang terpisah. HP merilis tablet Multi-Touch kedua: HP TouchSmart seri tx2.
2009: Asus mengumumkan sebuah netbook tablet, EEE PC T91 dan T91MT, yang terakhir yang dilengkapi dengan layar multi-sentuh. Always Innovating mengumumkan netbook tablet baru dengan CPU ARM. Motion Computing meluncurkan J3400.
2010: MobileDemand meluncurkan T7000 xTablet Rugged Tablet PC yang menjalankan OS Windows dan fitur lengkap meliputi papan ketik numerik yang terintegrasi, barcode scanner, credit card reader, dll Apple memperkenalkan iPad, menjalankan Apple iOS. Sistem Quaduro memperkenalkan 10 “QuadPad 3G Plus, 900 gram Microsoft Windows berbasis 3G tablet PC dengan 8 jam masa pakai baterai. Samsung memperkenalkan Galaxy Tab, menjalankan Google Android. bModo meluncurkan bModo12 yang menjalankan Windows 7 OS dan fitur termasuk TFT-LCD 11,6″, 3G, Wi-Fi, GPS, Bluetooth ® 2.1, USB 2.0, slot SDHC, slot kartu SIM yang tidak terkunci, konektor miniHDMI, OMTP Jack, webcam, mic, dll Neofonie melepaskan WeTab, tablet PC untuk menulis berbasis MeeGo, menampilkan layar multi-sentuh 11,6 inci pada resolusi 1366 × 768 piksel. Dixons Retail plc memperkenalkan Vega Advent, tablet PC 10” yang menjalankan Android 2.2, memiliki chipset Tegra NVIDIA 1 GHz, RAM dan ROM 512 Mb, kamera 1,3 MP, WiFi dengan konektivitas b/g, Bluetooth 2.1, slot kartu micro SD , USB port dan daya tahan baterai hingga 16 jam untuk pemutaran audio dan 6,5 jam untuk video 1080p. Dell Inspiron mengumumkan Netbook flip Duo Layar dan Tablet PC hibrida HP merilis Slate 500, yang menjalankan versi penuh Windows 7
2011: Motorola mengumumkan Xoom Tablet, tablet 10 inci yang didukung oleh versi Android 3.0 yang akan datang, yaitu Honeycomb Asus EEE mengumumkan memo pad (tablet 7 inci), EEE Slate EP121 (tablet Windows 7), EEE Pad Transformer (tablet 10 inch dengan Android) dan EEE Pad Slider (tablet 10 inch dengan layar geser atas, keyboard QWERTY) [semua tablet menggunakan tampilan IPS] Dell menampilkan yang tablet Streak 7 dan mengatakan itu bekerja pada Streak 10 inci 10 Apple mengumumkan 2 iPad
Gambar

Gambar sebuah Tablet PC dengan layar yang bisa “menoleh”

Sebuah Tablet PC : Kiri adalah gambar dalam posisi “keyboard di bawah layar di atas”. Kanan adalah gambar sebuah Tablet PC dalam posisi “menoleh”.

Seseorang browsing menggunakan stylus sebagai pengganti mouse pada tablet PC

Seseorang menulis note pada layar Tablet PC menggunakan Stylus sebagai pengganti pulpen pada kertas biasa.

Tablet PC dalam posisi tertidur dan memutar dengan stylus di atasnya (yang berwujud mirip pena)

iPad yang dikeluarkan oleh Apple.

Sumber Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Tablet_PC

Kelebihan dan Kekurangan TABLET PC

Istilah TABLET bagi perangkat komputer berlayar sentuh memang bukan hal yang baru. Beberapa tahun yang lalu, beberapa vendor komputer berbasis Microsoft Windows melepas perankat seperti ini dan disebut Tablet PC. Ciri khasnya adalah jenis layar sentuh yang digunakan dan interface yang disiapkan untuk sebuah sentuhan.
Istilah ini tiba-tiba kembali membooming berkat ‘kelahiran’ Apple Ipad diawal tahun ini dan pesaing vendor tak mau kalah dengan melepas Tablet-tablet baru mereka seakan-akan meyakinkan pada kita bahwa Tablet bisa menjadi perangkat serba bisa, meskipun tanpa dukungan OS Windows.
Tablet bisa berjalan dengan iOS-nya Apple, OS Blackberry, bahkan dengan si pendatang baru Android.
Vendor yang bermainpun bisa dibilang sangat luas. Mulai Apple sirajanya multimedia, Samsung, RIM hingga vendor-vendor Cina dan local.
Kebanyakan vendor yang kini memproduksi Tablet adalah vendor-vendor HP yang sudah kita kenal. Masuk akal, mengingat teknologi yang ada di Tablet-tablet terkini bisa dibilang merupakan pengembangan dari sebuah HP Pintar. Bisa jadi karena OS yang menjalankannya.

KELEBIHAN TABLET
Hampir semua Tablet dilengkapi dengan fitur-fitur koneksi dan display yang mumpuni. Utamanya WiFi, dan sebagian membawa teknologi seluler 3G HSDPA. Tapi sesungguhnya apa saja sih fitur-fitur ‘Killer’-nya Tablet?
* Layar Lebar, tapi cukup lebar untuk menampilkan halaman web penuh dengan tampilan landscape maupun portrait. Setidaknya masih cukup besar ketimbang layar HP.
* WiFi, kita tidak lagi membutuhkan kabel LAN untuk menghubungkannya dengan internet. Atau, setidaknya kita tidak lagi membutuhkannya untuk berbagi dengan perangkat lain.
* 3G HSDPA, beberapa Tablet sudah dilengkapi dengan teknologi seluler, baik untuk mengakses data maupun melakukan kegiata klasik ber-HP: telefon dan sms.
* Ukuran Sangat Portebel.
* dibandingkan dengan perangkat komputer lipat alias laptop, Tablet dipercaya lebih ringkas. Dari ukurannya saja sudah kelihatan, namun dengan demikian tetap dilengkapi fitur khas sebuah Komputer dan HP sekaligus.
* Kamera. Beberapa Tablet terutama yang berukuran 7 inchi (layarnya) memiliki kamera dengan kemampuan lebih dari cukup. Baik untuk fotografi mobile, maupun sebagai sarana chat video.
* Sebuah e-book reader yang mumpuni. Layar lebar, ukuran Portable dan bisa dibawa kemana-mana mampu menyulap perangkat ini menjadi buku digital. Setidaknya ukurannya sama dengan ukuran buku konvensional. Plus dukungan Software yang ciamik untuk keperluan ini, kadang membaca buku elektronik di sebuah tablet akan terlihat keren, hilanglah kesan ‘Kutu Buku’.
* Perangkat Gaming 3D portable dengan nilai plus. OS yang dibawa masing-masing tablet rupanya sudah memungkinkan untuk permainan bergrafis 3D. tanpa tombol kontroler fisik, layar sentuh tetap dapat memunculkan kontroler visual yang menyediakan kenyamanan setara. Layar lebih besar dari layar Sony PSP dan NDS XL sekalipun. Plus kontrol yang interaktif dengan moda sentuhan.
KEKURANGAN TABLET
Namun tak ada gading yang tak retak. Meski memiliki sejumlah kelebihan yang menawan, tablet juga memiliki kekurangan. Apasaja kekurangan Tablet?
* Teks Input hanya berupa virtual keyboard dilayar sentuh. Kalau menambah keyboard wireless sebagai salah satu aksesoris tambahan, apa bedanya dengan membawa laptop? Lebih dari itu, sepertinya akan lucu jika ternyata keyboard wirelessnya berukuran lebih besar dari layar Tablet.
* Kartu Gafis terbatas. Kita memang bisa memainkan Game di sebuah mobile Tablet juga mengutak-atik hasil foto, tapi semua hal itu sangat dibatasi. Dukungan kartu grafis yang tidak se-peworful milik PC atau laptop menjadi alasan utama.
* Ukuran. Selain menjadi kelebihan, ukuran Tablet juga bisa menjadi titik lemah. Meskipun sudah dilengkapi dengan teknologi jaringan selular dan fitur-fitur HP, Tablet tidak bisa serta merta menjadi pengganti HP. Terbayangkah membawa perangkat berlayar 9 inchi atau 7 inchi kedalam saku celana dan kemeja?
* Suplai Daya. Menjadi keharusan bagi sebuah Tablet untuk menyediakan perangkat penyuplai daya yang munpuni. Karena menjadi portable, maka baterai adalah salah satu tumpuan terakhir. Tablet akan cenderung hidup selalu baik dibutuhkan atau tidak. Tidak seperti Laptop yang akan kita matikan ketika tidak sedang digunakan. Waktu standby akam menyedot daya yang tidak sedikit.
* Dukungan Software dan Kompatibilitas. Tidak ada standar yang jelas mengenai kompatibilitas dan dukungan Software para Tablet. Hal ini karena penggunaan OS yang tidak seragam dan juga kemungkinan sebuah vendor untuk memasukkan unsur-unsur ‘tardisi’-nya ke dalam Tablet.
* Ruang Penyimpanan Terbatas. Kalaupun ada slot tambahan hanya untuk kartu memory MicroSD yang besarnya maksimum di angka 32GB saja. Lalu bagaimana dengan Tablet yang tidak memiliki slot?
TABLET VS HP
Dari beberapa uraian diatas, sudah terlihat bahwa sampai tulisan ini dibuat komputer tablet dapat melakukan beberapa peran HP namun tidak bisa menggantikannya. Ada beberapa tips agar bisa menjadi perangkat HP yang menyenangkan
* Lengkapi diri dengan headset Bluetooth. Dengan demikian Tablet bisa diletakkan didalam tas, sementara melakukan panggilan dan mengaturnya lewat headset tersebut.
* Masalahnya beberapa OS Tablet belum Mengadopsi Voice Recognition. Apabila semua sudah mangadopsi hal ini, kita bisa mengatur panggilan hanya dengan perintah suara lewat Headset Bluetooth.
TABLET VS LAPTOP
Apakah Tablet mobile bisa menggantikan peran Laptop?
Dari uraian diatas, sepertinya masih belum bisa. Terkait dengan dukungan hardware yang memang terbatas didalam sebuah perangkat Tablet, dan kompatibilitas sejumlah fitur yang ada didalamnya.
Namun dengan Tablet mobile tidak lagi membutuhkan modem internet terpisah seperti yang dibutuhkan disebuah Laptop, dan pastinya tidak butuh ruang yang besar untuk membawanya kemana-mana Plus tidak seberat Laptop.

Macam-Macam Sistem Operasi untuk KOmputer,Handphone/PDA

Saat ini hampir semua orang pernah memakai komputer dan handphone. Nah untuk berinteraksi dengan komputer maka manusia memerlukan suatu software untuk membuat komputer dapat melakukan apa yang kita inginkan. Software yang digunakan untuk memanajemen penggunaan hardware komputer selain BIOS disebut sistem operasi. Terdapat banyak jenis sistem operasi untuk komputer dan handphone. Marilah kita bahas satu persatu.

Sistem Operasi untuk komputer:

1. UNIX
Termasuk sistem operasi yang paling awal ada untuk komputer. Merupakan induk dari sistem operasi linux.

2. DOS
Sistem operasi yang merupakan cikal bakal dari Microsoft Windows. Ciri khasnya yaitu berupa teks putih dengan latar belakang hitam. Kalau mau mencobanya bisa lewat Start Windows – Run, lalu ketik cmd.
3. Novell Operating Sistem
Dibuat oleh Novell Corporation. Sistem operasi yang dulu pernaha digunakan oleh Fakultas MIPA UGM untuk Entry Key-In KRS mahasiswa.
4. Microsoft Windows
Merupakan sistem operasi yang paling populer. Hampir semua orang pernah memakainya. Beberapa versi Microsoft Windows yang terkenal: Microsoft Windows 98, 2000, Me, XP, Vista, dan yang paling terbaru Windows 7.
5. Apple Machintos
System operasi yang unggul dalam hal grafik. Memerlukan hardware khusus sehingga tidak dapat di-install di computer biasa. Versinya antara lain Mac OS X (Tiger), Leopard.
6. Linux
Pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvald. Merupakan sistem operasi open source artinya bisa dikembangkan oleh semua orang dengan bebas. Turunan linux atau yang dikenal dengan distro linux banyak sekali macamnya. Mungkin linux merupakan sistem operasi yang paling banyak. Beberapa di antaranya yaitu: Debian, Suse, Red Hat (Fedora), Slackware, Ubuntu, Backtrack, dan lain-lain
7. Solaris
Dikembangkan oleh Sun Microsystem. Lebih banyak digunakan untuk perusahaan.
8. Free BSD
Dibuat oleh Universitas Berkeley. Hampir sama seperti linux.

Sistem Operasi untuk handphone:
1. Symbian
Sistem operasi yang populer di kalangan para pengguna handphone. Kebanyakan handphone nokia menggunakan symbian sebagai sistem operasi. Versinya antara lain S40, S60, S9
2. Microsoft Windows Mobile
Sistem operasi yang dikeluarkan oleh Microsoft untuk smartphone dan PDA. Tampilannya hampir sama dengan Windows pada komputer.
3. Palm OS
Sistem operasi yang digunakan pada PDA keluaran PALM.
4. Android
Sistem operasi untuk handphone yang akan diluncurkan Google. Android berbasis Linux sehingga termasuk open source.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: